E-COMMERCE DAN METIZATION
SOLUSI UNTUK MENGATUR E-COMMERCE PADA TEKNOLOGI SEKARANG
E-COMMERCE
adalah perdagangan electronik digital yaitu perdagangan yang merupakan
transaksi dari mobile handphone yang sangat bermanfaat contohnya :
pengiriman barang atau dokumen sepertti pesanan atau pembelian melalui
jejaring sosial,hal ini perdagangan tersebut melaju dengan cepat
dikarenakan e-commerce ialah seperti alat suatu aktivitas dari jauh.

Sumber:https://www.slideshare.net/Shashi04/ecommerce-7710431
Hal ini si sebabkan oleh perdagangan melalui web perkembangan teknologi informasi ini menyebabkan terjadi nya media sosial sektor bagi masyarakat,banyak juga jurnalis-jurnalis besar memperkirakan bahwa e-commerce menjadi sebuah alat alat teknologi yang modern dan berpengaruh besar di kalangan manusia, e-commerce adalah sebuah sektor dan ekonomi baru sehingga banyak di negara amerika serikat dan juga eropa mengembangkan situs web perdagangan tersebut.
Elektrocic data interchange atau bisa disebut juga dengan EDI adalah perdagangan semacam storefont beberapa mengatakan e-commerce ialah website yang di gunakan di berbagai pihak seperti penjualan online dan juga yang lainnya sehingga sistem terebut di kembangkan lagi olrh e-commerce dan ada juga keuntungan nya yang di dapat menggunakan e-commerce adalah open platform, dan tidak bergantung kepada satu vendor tertentu, lalu sistem e-commerce tersebut di kembangkan kembali dengan sangat cepat tanpad adanya kerikatan dengan satu vendor itu,walaupun hingga saat ini website tersebut berjalan dan belum ada definisi dari e-commerce itu sendiri.
Dapat juga di katakan bahwa e-commerce lebih persperktif dalam hal komunikasi dan jaringan seperti pembelian dan penjualam produk dapat berjalan dengan sangat cepat dan proses pembiayaan nya pun lebih layak di bandingkan dulu melalui jaringan yang seperti computer prosesnya pun menggunakan teknologi yang yang lebih canggih dari sebelum-sebelumnya, transaksi bisnis dan sistem teknologi atau dikatakan bahwa e-commerce merupakan suatu manajemen untuk membeli dan menjual produk atau barang dan menggunakan sarana pelayanan internet yang lebih luas.
MANFAAT BAGI E-COMMERCE :
• Meningkatnya constumer loyalitas atau loyality
• Menurun pesat biaya yang di keluarkan
• Meningkatkan value chain itu sendiri
• Memperpendek jangka waktu produk
• Melebarnya jangkauan maret exposure
Berkembangnya di indonesia di buat sejak 1996, sejak berdirinya tersebut atau yang bisa kita sebut Dnet sebagai printis atau alat transaksi online,ada juga transaksi mall online pun sudah ada sejak saat itu atau yang kita sebut dengan D-mall bisa di akses juga melalui D-net pada umumnya sudah berdiri 33 toko online di indonesia sejak saat itu yaitu online/merchant, produk atau barang nya pun bisa bermacam macam , ada juga seperti makanan atau aksesoris-aksesoris , pakain yang tersedia sampai ada juga furniture lengkap dan yang lainnya. Selain itu tempat berjualan online berbasis internet itu di mililki fasilitas yang sangat modern seperti bagian toko atau storefont dan shopingg cart atau bisa juga di sebut dengan (keranjang belanjaan). Ada juga e-commerce net di indonesia sebagai commerce service provide atau (CSP) commerce net indonesia menawar kan kemudahan bagi konsumen nya dalam melakukan jual beli di jejaring sosial atau toko online.
E-commerce di indonesia telah bekerja sama saat itu dengan lembaga yang di butuhkannya untuk melayani kosumen-konsumen yang ada seperti INDIHOME atau juga TELKOM dan juga Bank internasional di Indonesia, selain itu juga terdapat juga 7 web yang menjadi anggota dari E-commerce net dari indonesia, yaitu juga dapat di namakan plasa atau mall 2000 , officerland dan mizan online dan lain-lain. Baik pihak dari konsumen atau pun penjual sangat saling menguntungkan dengan menggunkan media sosial dan internet proses nya pun dapat di lakukan dengan menghewat waktu serta biayanya.
Hal ini si sebabkan oleh perdagangan melalui web perkembangan teknologi informasi ini menyebabkan terjadi nya media sosial sektor bagi masyarakat,banyak juga jurnalis-jurnalis besar memperkirakan bahwa e-commerce menjadi sebuah alat alat teknologi yang modern dan berpengaruh besar di kalangan manusia, e-commerce adalah sebuah sektor dan ekonomi baru sehingga banyak di negara amerika serikat dan juga eropa mengembangkan situs web perdagangan tersebut.
Elektrocic data interchange atau bisa disebut juga dengan EDI adalah perdagangan semacam storefont beberapa mengatakan e-commerce ialah website yang di gunakan di berbagai pihak seperti penjualan online dan juga yang lainnya sehingga sistem terebut di kembangkan lagi olrh e-commerce dan ada juga keuntungan nya yang di dapat menggunakan e-commerce adalah open platform, dan tidak bergantung kepada satu vendor tertentu, lalu sistem e-commerce tersebut di kembangkan kembali dengan sangat cepat tanpad adanya kerikatan dengan satu vendor itu,walaupun hingga saat ini website tersebut berjalan dan belum ada definisi dari e-commerce itu sendiri.
Dapat juga di katakan bahwa e-commerce lebih persperktif dalam hal komunikasi dan jaringan seperti pembelian dan penjualam produk dapat berjalan dengan sangat cepat dan proses pembiayaan nya pun lebih layak di bandingkan dulu melalui jaringan yang seperti computer prosesnya pun menggunakan teknologi yang yang lebih canggih dari sebelum-sebelumnya, transaksi bisnis dan sistem teknologi atau dikatakan bahwa e-commerce merupakan suatu manajemen untuk membeli dan menjual produk atau barang dan menggunakan sarana pelayanan internet yang lebih luas.
MANFAAT BAGI E-COMMERCE :
• Meningkatnya constumer loyalitas atau loyality
• Menurun pesat biaya yang di keluarkan
• Meningkatkan value chain itu sendiri
• Memperpendek jangka waktu produk
• Melebarnya jangkauan maret exposure
Berkembangnya di indonesia di buat sejak 1996, sejak berdirinya tersebut atau yang bisa kita sebut Dnet sebagai printis atau alat transaksi online,ada juga transaksi mall online pun sudah ada sejak saat itu atau yang kita sebut dengan D-mall bisa di akses juga melalui D-net pada umumnya sudah berdiri 33 toko online di indonesia sejak saat itu yaitu online/merchant, produk atau barang nya pun bisa bermacam macam , ada juga seperti makanan atau aksesoris-aksesoris , pakain yang tersedia sampai ada juga furniture lengkap dan yang lainnya. Selain itu tempat berjualan online berbasis internet itu di mililki fasilitas yang sangat modern seperti bagian toko atau storefont dan shopingg cart atau bisa juga di sebut dengan (keranjang belanjaan). Ada juga e-commerce net di indonesia sebagai commerce service provide atau (CSP) commerce net indonesia menawar kan kemudahan bagi konsumen nya dalam melakukan jual beli di jejaring sosial atau toko online.
E-commerce di indonesia telah bekerja sama saat itu dengan lembaga yang di butuhkannya untuk melayani kosumen-konsumen yang ada seperti INDIHOME atau juga TELKOM dan juga Bank internasional di Indonesia, selain itu juga terdapat juga 7 web yang menjadi anggota dari E-commerce net dari indonesia, yaitu juga dapat di namakan plasa atau mall 2000 , officerland dan mizan online dan lain-lain. Baik pihak dari konsumen atau pun penjual sangat saling menguntungkan dengan menggunkan media sosial dan internet proses nya pun dapat di lakukan dengan menghewat waktu serta biayanya.
KEKURANGAN DAN KEUNTUNGAN TERHADAP E-COMMERCE
Sebeum kekurangan nya saya akan mejelaskan keuntungan nyaa bagi e-commerce terhadap produsen, konsumen juga masyarakat dan pemerintah sebagai berikut :
• Memberikan terhadap produsen berupa kesempatan untuk meingkatkan jual beli atau pemasaran produk atau barang secara globalisasi atau menyeluruh.
• Juga dapat mengurangi paper atau pun kertas terhadap aktivitas nya mulai dari step step produksi , desain, pengirimannya secara marketing atau distribusi.
• Membantu yang memproduksi dari perusahaan yaitu produk atau barang secara sfesifik dan tidak dapat di pasarkan di dalam bisnis ilegal dalam bisnis karena sangat terbatasnnya konsumen dan tempat promosi yang tinggi serta biaya yang di keluarkan.
• Mengurangi waktu yang di pasarkan atau delay dalam pengiriman produk atau barang secara online melalui internet.
• Dan juga dapat Mengurangi biaya promosi dari barang atau produk yang di sediakan secara menyeluruh di jejaring sosial
Keuntungan E-commerce terhadap konsumen sebagai berikut :
• Diberikan konsumen kesempatan untuk dapat menggunakan promosi jika mendapatkan reward dari penjual, bisa juga berupa uang atau pun barang yang di sediakan oleh pelapak.
• Diberikannya konsumen produk atau service yang terbaik dari jenis barang atau pilihan terhadap konsumen agar konsumen puas, konsumen dapat berkesempatan untuk memilih sendiri barang secara langsung melalui internet.
• Bagi konsumen yang terpisah tempat tinggalnya untuk bisa berinteraksi dengan penjual atau produsen berkesempatan untuk mengembalikan barang jika produk tidak sampai di tujuan.
Keuntungan E-commerce terhadapat pemerintah maupun masyarakat sebagai berikut :
• Berkurangnya pengganguran dikarenakan masyarakat semakin giat untuk mencari pekerjaan adapun juga membuka bisnis usaha kecil-kecilan melalui internet di sertai modal yang tidak besar dari sebelumnya.
• Karena adanya internet dari berbagai macam elektronik semakin banyak pula manusia yang beraktivitas di rumah dengan itu mengurangi kemacetan di perjalanan dan mereduksi polusi udara.
• Masyarakat dapat berkesempatan untuk mendapatkan produk atau barang yang terbaik secara lebih murah di karenakan perusahaan mengeluarkan barang yang lebih murah dari biasanya.
• Semakin banyak masyarakat yang lebih mengena produk terbaik di karenakan meningkatnya daya kreatifitas bagi masyarakat sehingga akhirnya membantu pemerintah dan perusahaan mengeluarkan perdagangan khusus yang menengah.
Adapun Kekurangan E-commercce terhadap organisasi/perusahaan sebagai berikut :
• Tidak terjaga nya keamanan sistem rentang di serang
Mengenai website terdapat laporan sejumlah basis data yang terkena hack, dan berbagai software yang lemah karena kurangnya protection, sejumlah perusahaan mengalami permasalahan keamanan .
• Persaingan secara tidak sehat (curang)
Membangun bisnis memanfaatkan kesempatan yang ada dapat memicu terjadinya kecurangan dan tindakan yang ilegal yaitu mejiplak ide atau gagasan melalui internet.
• Teknologi yang bermasalah dengan yang lama dengan yang baru
Berkembangnya teknologi dan inovasi yang canggih seering bermunculan masalah bisnis infrastuktur di berbagai website dan media sosial, dapat mengakibatkan ruginya biaya yang ada.
Adapun kekurangannya pada konsumen sebagai berikut :
• Diperlukanya keahlian computer
Di perlukamya keahlian computer untuk mengakses internet dan juga membuat toko online melalui keahlianya
• Biaya yang di keluarkan untuk peralatan computer
Di perlukan nya biaya yang sangat besar untuk membeli mesin computer agar tidak ketingalan teknologi yang modern.
• Resiko data pribadi atau privacy terakses (hack)
Saaat menjalankan internet segala kemungkinan akun anda serta data diri anda terakses di karenakan membobolan system akibatnya data pribadi anda atau akun akan hilang dikarenakan ulah orang lain.
• Kurangnya waktu untuk bisa berinteraksi dengan orang lain secara langsung.
Dikarenakan traansaksi secara online telah mengurangi banyak waktu di karena kan terlalu sering menggunakan internet hal ini tidak baik karena di khawatirkan akan dapaat mengurangi kepedulian terhadap orang lain.
Adapun kekurangan bagi masyarakat adalah :
• Berkurangnya interaksi antar orang lain karena terlalu banyak menggunakan internet.
• Kesenjangan sosial tidak mengenal waktu di karenakan sering berinteraksi melalui internet.
• Terjadinya sumber daya yang terbuang di karenakan munculnya teknologi baru bahaya karena dapat terjadinya kesenjangan dan tidak memliki kemampuan berbicara atau bersosialisasi dengan orang –orang.
• Sulitnya mengatur internet
Dikarenakan pemakain internet yang berlebihan dan tidak di pakai dengan baik dan negatif tidk mengenal waktu setiap saatnya di karenakan menggunakan internet yang sangat berlebihan.
Sebeum kekurangan nya saya akan mejelaskan keuntungan nyaa bagi e-commerce terhadap produsen, konsumen juga masyarakat dan pemerintah sebagai berikut :
• Memberikan terhadap produsen berupa kesempatan untuk meingkatkan jual beli atau pemasaran produk atau barang secara globalisasi atau menyeluruh.
• Juga dapat mengurangi paper atau pun kertas terhadap aktivitas nya mulai dari step step produksi , desain, pengirimannya secara marketing atau distribusi.
• Membantu yang memproduksi dari perusahaan yaitu produk atau barang secara sfesifik dan tidak dapat di pasarkan di dalam bisnis ilegal dalam bisnis karena sangat terbatasnnya konsumen dan tempat promosi yang tinggi serta biaya yang di keluarkan.
• Mengurangi waktu yang di pasarkan atau delay dalam pengiriman produk atau barang secara online melalui internet.
• Dan juga dapat Mengurangi biaya promosi dari barang atau produk yang di sediakan secara menyeluruh di jejaring sosial
Keuntungan E-commerce terhadap konsumen sebagai berikut :
• Diberikan konsumen kesempatan untuk dapat menggunakan promosi jika mendapatkan reward dari penjual, bisa juga berupa uang atau pun barang yang di sediakan oleh pelapak.
• Diberikannya konsumen produk atau service yang terbaik dari jenis barang atau pilihan terhadap konsumen agar konsumen puas, konsumen dapat berkesempatan untuk memilih sendiri barang secara langsung melalui internet.
• Bagi konsumen yang terpisah tempat tinggalnya untuk bisa berinteraksi dengan penjual atau produsen berkesempatan untuk mengembalikan barang jika produk tidak sampai di tujuan.
Keuntungan E-commerce terhadapat pemerintah maupun masyarakat sebagai berikut :
• Berkurangnya pengganguran dikarenakan masyarakat semakin giat untuk mencari pekerjaan adapun juga membuka bisnis usaha kecil-kecilan melalui internet di sertai modal yang tidak besar dari sebelumnya.
• Karena adanya internet dari berbagai macam elektronik semakin banyak pula manusia yang beraktivitas di rumah dengan itu mengurangi kemacetan di perjalanan dan mereduksi polusi udara.
• Masyarakat dapat berkesempatan untuk mendapatkan produk atau barang yang terbaik secara lebih murah di karenakan perusahaan mengeluarkan barang yang lebih murah dari biasanya.
• Semakin banyak masyarakat yang lebih mengena produk terbaik di karenakan meningkatnya daya kreatifitas bagi masyarakat sehingga akhirnya membantu pemerintah dan perusahaan mengeluarkan perdagangan khusus yang menengah.
Adapun Kekurangan E-commercce terhadap organisasi/perusahaan sebagai berikut :
• Tidak terjaga nya keamanan sistem rentang di serang
Mengenai website terdapat laporan sejumlah basis data yang terkena hack, dan berbagai software yang lemah karena kurangnya protection, sejumlah perusahaan mengalami permasalahan keamanan .
• Persaingan secara tidak sehat (curang)
Membangun bisnis memanfaatkan kesempatan yang ada dapat memicu terjadinya kecurangan dan tindakan yang ilegal yaitu mejiplak ide atau gagasan melalui internet.
• Teknologi yang bermasalah dengan yang lama dengan yang baru
Berkembangnya teknologi dan inovasi yang canggih seering bermunculan masalah bisnis infrastuktur di berbagai website dan media sosial, dapat mengakibatkan ruginya biaya yang ada.
Adapun kekurangannya pada konsumen sebagai berikut :
• Diperlukanya keahlian computer
Di perlukamya keahlian computer untuk mengakses internet dan juga membuat toko online melalui keahlianya
• Biaya yang di keluarkan untuk peralatan computer
Di perlukan nya biaya yang sangat besar untuk membeli mesin computer agar tidak ketingalan teknologi yang modern.
• Resiko data pribadi atau privacy terakses (hack)
Saaat menjalankan internet segala kemungkinan akun anda serta data diri anda terakses di karenakan membobolan system akibatnya data pribadi anda atau akun akan hilang dikarenakan ulah orang lain.
• Kurangnya waktu untuk bisa berinteraksi dengan orang lain secara langsung.
Dikarenakan traansaksi secara online telah mengurangi banyak waktu di karena kan terlalu sering menggunakan internet hal ini tidak baik karena di khawatirkan akan dapaat mengurangi kepedulian terhadap orang lain.
Adapun kekurangan bagi masyarakat adalah :
• Berkurangnya interaksi antar orang lain karena terlalu banyak menggunakan internet.
• Kesenjangan sosial tidak mengenal waktu di karenakan sering berinteraksi melalui internet.
• Terjadinya sumber daya yang terbuang di karenakan munculnya teknologi baru bahaya karena dapat terjadinya kesenjangan dan tidak memliki kemampuan berbicara atau bersosialisasi dengan orang –orang.
• Sulitnya mengatur internet
Dikarenakan pemakain internet yang berlebihan dan tidak di pakai dengan baik dan negatif tidk mengenal waktu setiap saatnya di karenakan menggunakan internet yang sangat berlebihan.
(sumber:http://wiamfadillah.com/)
Monetisasi
Monetisai adalah adalah blog atau website untuk menghasilkan uang atau penghasilan melalui aplikasi seperti google adsen dan terhubung ke youtube.
1) Adapun program Afiliasi
Dimaksud dengan program ini bekerja sama dengan sebuah perusahaan untuk mempromosikan produk atau barang mereka yang mendapatkan komisi untuk setiap transaksi yang di gunakan, besar komisi yang kan kita dapatkan bervariasi tergantung apa yang kita lakukan bertemakan sesuai yang terteradi Youtube.
2) Berupa Iklan konteksual
Adalah iklan yang secara tayang otomatis di blog kita atau video yang kita buat, materinya telah otomatis pula dengan topik utama blog kita sendiri, sistem perhitungan nya pun sangat berbeda-beda, berdasarkan jumlah banyak iklan yang terlihat dan akan tersimpan ke aplikasi google adsense.
3) Sponsor
Adalah jenis iklan yang paling menggiurkan paling juga sulit di dapat, blogger bekerja sama dengan pengiklanan untuk mempromosikan produk atau barang tertentu, misalkan memberi kita sejumlah uang atau penghasilan untuk sponsor dari blogger.
4) Produk secara gratis
Menjual produk pengiklanan cara mempromosikan iklan atau melalui konten-konten ysng menarik, menjual produk sendiri yang sangat populer dan sebagainya.
Dampak negatif sebagai berikut :
• Dapat di pakai untuk mencari konten-konten bermuatan negatif
• Video-video kekerasan yang tertera
• Video yang dapat memperjelek nama seseorang melaui video
Monetisai adalah adalah blog atau website untuk menghasilkan uang atau penghasilan melalui aplikasi seperti google adsen dan terhubung ke youtube.
1) Adapun program Afiliasi
Dimaksud dengan program ini bekerja sama dengan sebuah perusahaan untuk mempromosikan produk atau barang mereka yang mendapatkan komisi untuk setiap transaksi yang di gunakan, besar komisi yang kan kita dapatkan bervariasi tergantung apa yang kita lakukan bertemakan sesuai yang terteradi Youtube.
2) Berupa Iklan konteksual
Adalah iklan yang secara tayang otomatis di blog kita atau video yang kita buat, materinya telah otomatis pula dengan topik utama blog kita sendiri, sistem perhitungan nya pun sangat berbeda-beda, berdasarkan jumlah banyak iklan yang terlihat dan akan tersimpan ke aplikasi google adsense.
3) Sponsor
Adalah jenis iklan yang paling menggiurkan paling juga sulit di dapat, blogger bekerja sama dengan pengiklanan untuk mempromosikan produk atau barang tertentu, misalkan memberi kita sejumlah uang atau penghasilan untuk sponsor dari blogger.
4) Produk secara gratis
Menjual produk pengiklanan cara mempromosikan iklan atau melalui konten-konten ysng menarik, menjual produk sendiri yang sangat populer dan sebagainya.
Dampak negatif sebagai berikut :
• Dapat di pakai untuk mencari konten-konten bermuatan negatif
• Video-video kekerasan yang tertera
• Video yang dapat memperjelek nama seseorang melaui video
Dampak positif sebagai berikut :
• Dapat mencari video tutorialnya
• Bisa berbagi keceriaan dengan berbagai video yang menarik
• Dapat mencari videoo yang menarik, lucu dan unikk
• Membuat nya kreatif dengan berbagai video yang menarik dan berkonten positif
• Dapat mencari video tutorialnya
• Bisa berbagi keceriaan dengan berbagai video yang menarik
• Dapat mencari videoo yang menarik, lucu dan unikk
• Membuat nya kreatif dengan berbagai video yang menarik dan berkonten positif
• Transportasi Online
Berbeda dengan monetisasi dan e-komersial yang sudah cukup jelas aturan dan undang-undangnya, aturan transportasi online justru malah terdengar masih simpang siur. Sebenarnya pemerintah sudah berupaya dari lama, hanya saja hal itu belum sepenuhnya diterapkan dan dijalankan. Di internet ada banyak sekali artikel yang menyatakan aturan-aturan bagi transportasi online akan segera diterapkan, bahkan disebutkan bahwa itu akan berlaku mulai tahun lalu, yang pada kenyataannya, untuk tahun sekarangpun, masih banyak yang tidak memperhatikan aturan tersebut. Baru baru ini regulasi terkait transportasi online mulai coba diterapkan di beberapa kota, Menhub menyatakan kalau regulasi ini tidak ada masalah dan dilema lain, maka akan langsung diterapkan untuk seluruh kota di indonesia. “Aturan baru mengenai transportasi online, khususnya ojek online tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor Yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat. Selain itu, Menhub juga menerbitkan Keputusan Menteri Perhubungan (Kepmenhub) Nomor KP 348 tentang Pedoman Perhitungan
Berbeda dengan monetisasi dan e-komersial yang sudah cukup jelas aturan dan undang-undangnya, aturan transportasi online justru malah terdengar masih simpang siur. Sebenarnya pemerintah sudah berupaya dari lama, hanya saja hal itu belum sepenuhnya diterapkan dan dijalankan. Di internet ada banyak sekali artikel yang menyatakan aturan-aturan bagi transportasi online akan segera diterapkan, bahkan disebutkan bahwa itu akan berlaku mulai tahun lalu, yang pada kenyataannya, untuk tahun sekarangpun, masih banyak yang tidak memperhatikan aturan tersebut. Baru baru ini regulasi terkait transportasi online mulai coba diterapkan di beberapa kota, Menhub menyatakan kalau regulasi ini tidak ada masalah dan dilema lain, maka akan langsung diterapkan untuk seluruh kota di indonesia. “Aturan baru mengenai transportasi online, khususnya ojek online tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor Yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat. Selain itu, Menhub juga menerbitkan Keputusan Menteri Perhubungan (Kepmenhub) Nomor KP 348 tentang Pedoman Perhitungan
• E-Komersial
Dengan adanya e-komersial, semua orang mulai tergiur dengan kemudahan untuk mendapatkan barang yang didambakan dengan cara yang praktis. Maraknya aktivitas jual beli online ini, membuat sebagian orang kadang menjadi tidak teliti dalam pemilihan barang dan toko yang seharusnya menjadi pertimbangan utama mereka. Tidak jarang ketika barang yang dibeli sampai ke kediaman kita, barang tersebut tidak sesuai dengan apa yang di deskripsikan si penjual, baik itu bentuk, warna, bahkan kualitasnya. Untuk beberapa konsumen bahkan ada yang barangnya tidak sampai ke tangan, padahal jumlah uang yang seharusnya dibayarkan, sudah terlanjur di bayar. Ini semua merupakan kerugian-kerugian dari aktivitas jual beli online dan juga merupakan pelanggaran dari hak para konsumen. Ketika hal itu terjadi, sebenarnya kita para konsumen bisa menuntut balik hak kita atau melaporkan tindakan tersebut karena pada dasarnya, semua itu telah ada aturannya. “Jika kita membeli barang dan itu tidak sesuai, maka dapat dikategorikan bahwa hal tersebut merupakan pelanggaran Unadang Undang No 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, salahsatunya adalah hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa.
Dengan adanya e-komersial, semua orang mulai tergiur dengan kemudahan untuk mendapatkan barang yang didambakan dengan cara yang praktis. Maraknya aktivitas jual beli online ini, membuat sebagian orang kadang menjadi tidak teliti dalam pemilihan barang dan toko yang seharusnya menjadi pertimbangan utama mereka. Tidak jarang ketika barang yang dibeli sampai ke kediaman kita, barang tersebut tidak sesuai dengan apa yang di deskripsikan si penjual, baik itu bentuk, warna, bahkan kualitasnya. Untuk beberapa konsumen bahkan ada yang barangnya tidak sampai ke tangan, padahal jumlah uang yang seharusnya dibayarkan, sudah terlanjur di bayar. Ini semua merupakan kerugian-kerugian dari aktivitas jual beli online dan juga merupakan pelanggaran dari hak para konsumen. Ketika hal itu terjadi, sebenarnya kita para konsumen bisa menuntut balik hak kita atau melaporkan tindakan tersebut karena pada dasarnya, semua itu telah ada aturannya. “Jika kita membeli barang dan itu tidak sesuai, maka dapat dikategorikan bahwa hal tersebut merupakan pelanggaran Unadang Undang No 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, salahsatunya adalah hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa.
Sebagai mahasiswa, kita harus mengikuti
aturan yang ada. Begitupun ketika aturan tersebut belum diterapkan oleh
orang-orang , maka dari itu kita sendiri harus sadar dan mengikuti
aturan-aturan yang ada serta lebih baik untuk membagi ilmu terhadap
orang lain dan mencegah orang lain untuk melanggar aturan yang ada yang
sudah di tetapkan, maka di bangun lah rasa kepedulian kita terhadap
orang lain untuk lebih percaya terhadap pembicaraan yang lebih baik agar
diri kita tetap sadar dan terus mematuhi aturan yang ada yang sudah di
tetapkan.
HAMBATAN DAN PELUANG
• ke depan,kecerdasan buatan akan
menemukan peluang dan peran besar dalam e-commerce yang dimana sejumlah
besar pengguna dan kasus penggunaan, akan memiliki sedikit jumlah
pengguna yang melakukan transaksi besar dalam kasus penggunaan terbatas,
hal itu membuat aplikasi sangat mudah namun sangat di tetapkan untuk
membawa efisiensi tinggi bagi bisnis dalam hal pengambilan keputusan di
sekitar pembelian,otomisasi beberapa tugas duniawi memberikan wawasan
kritis tentang e-commerce tersebut.
KESIMPULAN
Dengan berbagai kendala utama yang harus di pecahkan secara bersama-sama bukan hanya sistem pemerintah,sebuah solusi yang terbaik di harapkan dengan mengimplementasikan e-commerce dengan benar dapat membantu meringankan dan mengurangi problem-problem serta beban berat yang selama ini kita hadapi.dengan solusi menjadi anggota untuk mengembangkan usaha industri kecil dengan tekad bersama untuk kehidupan yang lebih maju mengatur waktu sebaik-baiknya.
KESIMPULAN
Dengan berbagai kendala utama yang harus di pecahkan secara bersama-sama bukan hanya sistem pemerintah,sebuah solusi yang terbaik di harapkan dengan mengimplementasikan e-commerce dengan benar dapat membantu meringankan dan mengurangi problem-problem serta beban berat yang selama ini kita hadapi.dengan solusi menjadi anggota untuk mengembangkan usaha industri kecil dengan tekad bersama untuk kehidupan yang lebih maju mengatur waktu sebaik-baiknya.
Referensi :
(sumber:http://ericsamuel.blogspot.com/)
(sumber:http://kelompok2bsiicimone.blogspot.com/)
(sumber;http://validdatasolusi.co.id/mengembangan-pasar-dengan-teknologi-dan-e-commerce/).
(sumber:http://teknologi-informatika.blogspot.com/)
Plagism
(sumber:http://ericsamuel.blogspot.com/)
(sumber:http://kelompok2bsiicimone.blogspot.com/)
(sumber;http://validdatasolusi.co.id/mengembangan-pasar-dengan-teknologi-dan-e-commerce/).
(sumber:http://teknologi-informatika.blogspot.com/)
Plagism
Komentar
Posting Komentar