Review Jurnal tentang GRAF


Review Jurnal 1

Judul Jurnal
Bilangan Kromatik Permainan Graf Pot Bunga   dan Graf Pohon Palem  

 

Penulis
Abdul Mujib
No. ISSN
p-ISSN : 2541-0660
e-ISSN 2597-7237

Reviewer
Dikar Ardiyanto
Jumlah Halaman
10 halaman dari halaman 13 – 22
Isi :

-          Identifikasi Masalah
Banyaknya kelas graf menjadikan masalah bilangan kromatik permainan.
-          Tujuan
Untuk menentukan bilangan kromatik graf pot bunga dan graf pot pohon palem.
-          Metode Penyelesaian
-          Melakukan kajian literatur untuk memahami definisi bilangan kromatik permainan beserta sifatsifatnya serta teori-teori yang mendukungnya.
-          Mengkaji karakteristik graf pot bunga dan graf pohon palem, membuat definisi dan notasi graf pot bunga dan graf pohon palem.
-          Mengkonstruksi perumuman dari graf pot bunga dan graf pohon palem.
-          Melakukan simulasi permainan bilangan kromatik graf pot bunga dan graf pohon palem untuk menemukan strategi supaya pemain pertama memenangkan permainan.
-          Membuat konjektur/teorema tentang   dan .
-          Membuktikan teorema   dan  dan melakukan konstruksi bukti matematis secara formal.

-          Pemecahan Masalah
-          Mengkaji konsep dasar graf dan beberapa kelas graf pendukungnya seperti graf lintasan, graf bintang, dan graf lingkaran. 
-          Mengkaji beberapa teorema tentang bilangan kromatik permainan dari graf tertentu.
-          Menggabungkan hasil kajian teorema.

-          Kesimpulan
-          Struktur dan karakteristik graf menentukan strategi dalam memenangkan permainan mewarnai titk pada graf.
-          Strategi utama dari permainan mewarnai graf ini adalah memastikan titik-titik yang berderajat lebih dari warna yang disediakan terwarnai.
-          Bilangan kromatik permainan dari graf pot bunga   sama dengan tiga.
-          Bilangan kromatik permainan dari graf pohon palem sama dengan tiga.

-          Kelebihan
-          Jurnal bergambar
-          Permainan warna yang nyata pada gambar sehingga lebih mudah di pahami
-          Kekurangan
-          Kalimat sulit dipahami
-          Space terlalu dekat
-          Desain jurnal kurang menarik
Penerbit
Jurnal Teorema : Teori dan Riset Matematika









Review Jurnal 2

Judul Jurnal
SOCIAL MEDIA LISTENING PADA INSTAGRAM UNTUK KASUS KEBAKARAN HUTAN DI INDONESIA MENGGUNAKAN GRAPH CLUSTERING

 

Penulis
Rina Trisminingsih & Riski Adi Kurniawan
No. ISSN
p-ISSN : 2355-7699
e-ISSN : 2528-6579
Reviewer
Dikar Ardiyanto
Jumlah Halaman
6 halaman dari halaman 149 - 154
Isi :

-          Identifikasi Masalah
Menganalisis bencana alam terbaru melalui metode social media listening khususnya kebakaran hutan.

-          Tujuan
Agar pemerintah dapat lebih dalam faham tentang kegelisahan warganet dan menyusun strategi komunikasi di media sosial dengan lebih baik.

-          Metode Penyelesaian
-          Mengambil dan mengumpulkan data
-          Layouting
-          Social media listening dengan pendekatan graph clustering
-          Pemecahan Masalah
-          Akuisisi data secara otomatis menggunakan tool Instagram Hashtag Explorer yang disediakan oleh Digital Method Intiative Group.
-          Proses layouting menggunakan algoritme ForceAtlas2 dengan mengaktifkan fitur layouting yang terdapat pada Gephi. Fungsi-fungsi pada fitur layouting diantaranya linlog mode, grafity, scaling, edge weight, dissuade hubs, prevent overlap, dan approximate repulsion.
-          Proses modularity dilakukan untuk mendapatkan cluster pada komponen graf berdasarkan interaksi antar node dan edge pada graf.
-          Proses filtering dilakukan untuk menyeleksi node dan edge sehingga membentuk graf yang lebih representatif untuk digali informasinya.
-          Kesimpulan
Penelitian ini berhasil melakukan social media listening untuk kasus kebakaran hutan di Indonesia menggunakan graph clustering pada tools Gephi. Proses modularity dan filtering dilakukan dengan tiga kali proses iterasi sampai menampilkan graf dengan perbedaan warna pada cluster yang terbentuk dan menyeleksi komponen graf dengan fungsi yang representatif. Graf membentuk representasi dengan jumlah node sebanyak 36 dengan presentase 0.68% dari jumlah node awal sebanyak 5280 dan jumlah edge sebanyak 553 dengan presentase 0.92% dari jumlah edge awal sebanyak 64969. Berdasarkan proses pelabelan hasil clustering diperoleh lima kategori isu (hashtag) yaitu kategori isu lain yang muncul terkait kasus kebakaran hutan, kategori isu yang tidak berhubungan dengan kasus kebakaran hutan, kategori hashtag terkait lokasi kasus kebakaran hutan, kategori hashtag tentang slogan yang muncul pada kasus kebakaran hutan, dan kategori hashtag yang menggambarkan isu kebakaran hutan di Indonesia. Hasil labelisasi cluster kemudian divisualisasikan pada halaman web.

-          Kelebihan
-          Judul menarik
-          Bahasan menarik

-          Kekurangan
-          Space terlalu dekat
-          Gambar minim
-          Font size terlalu kecil

Penerbit
Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK)









Review Jurnal 3

Judul Jurnal

Penerapan Teori Graf pada Jaringan Komputer dengan Algoritma Kruskal

Penulis
Fajar Mahardika
No. ISSN
p-ISSN : 2477-5126
e-ISSN : 2548-9356

Reviewer
Dikar Ardiyanto
Jumlah Halaman
6 halaman dari halaman 48 – 53
Isi :

-          Identifikasi Masalah
Jaringan komputer yang dilakukan secara manual sehingga menyebabkan banyak permasalahan yang terjadi setelah jaringan komputer selesai

-          Tujuan
Menerapkan dan mengimplementasikan teori Graf pada sebuah jaringan komputer dengan menggunakan algoritma kruskal sehingga didapatkan sebuah jaringan yang optimal.

-          Metode Penyelesaian
-          Melakukan Observasi (Pengamatan)
-          Pendokumentasian
-          Studi Pustaka

-          Pemecahan Masalah
-          Mengkaji hasil observasi lapangan dan hasil uji coba.
-          Uji coba 1 dengan menggunakan 3 data komputer
-          Mengamati hasil uji coba tanpa algoritma dan dengan algoritma
-          Uji coba 2 menggunakan 11 data komputer
-          Melakukan pengamatan kembali
-          Evaluasi
-          Kesimpulan
Hasil tanpa menggunakan algoritma kruskal dengan hasil 12.091 cm dibagi dengan 100= 120,91 meter. Hasil tersebut bisa di lihat pada Gambar 4.40 dan juga Tabel 4.18. Hasil yang menggunakan algoritma kruskal dengan hasil 1.005 cm  dibagi 100 = 10,05 meter. Pada 2 data yang dihasilkan merupakan bukan penerapan dari algoritma kruskal pada jaringan laboratorium komputer, dikarenakan setiap komputer saling berdekatan tetapi menyambung kepada hub yang lebih jauh. Prinsip dari algoritma kruskal sendiri yaitu mencari jarak terdekat (pohon rentang minimum) sedangkan dari hasil malah sebaliknya dengan jarak yang jauh. Dengan kesimpulan tersebut 2 data bukan merupakan implementasi atau penerapan dari sebuah algoritma kruskal itu sendiri. Dari hasil tersebut bisa di lihat bahwa penerapan algoritma kruskal pada sebuah jaringan komputer masih kurang tepat jika komputer melebihi jumlah dari 11 komputer atau setiap hub sendiri lebih dari 3 komputer.

-          Kelebihan
-          Desain jurnal menarik
-          Kalimat mudah dipahami
-          Terdapat gambar

-          Kekurangan
-          Space terlalu dekat
-          Font size terlalu kecil
Penerbit
Jurnal Informatika : Jurnal Pengembangan IT (JPIT)



Komentar

Posting Komentar